MANFAAT JINTEN PUTIH, Sayang Jika Dilewatkan !!!


Siapa yang suka makan opor dan kari disini ? Nah, salah satu bumbu masak yang harus ada pada saat membuat dua makanan ini adalah jinten putih. Jinten putih merupakan  rempah-rempah yang terbuat dari biji tanaman Cuminum cyminum (cumin). Jangan salah, yaa ? jinten putih dengan jinten hitam itu berbeda lho. Oleh karena itu, manfaatnya bagi kesehatan tubuh juga berbeda. Apa saja manfaat jinten putih bagi kesehatan tubub anda ? kalau untuk jinten hitam besok kita bahas manfaatnya yaa ?
Jinten putih dijual dalam bentuk biji kering, bubuk halus atau bisa juga dalam bentuk camilan. Rasanya yang sangat khas membuat siapa saja pengen merasakan nya, jinten putih ini terasa pedas dan panas seperti cabai tapi sedikit pahit, dan aromanya seperti tanah, unik gak rasanya ?. Rempah ini cukup populer karena sering digunakan pada masakan khas Asia, India, Afrika, dan Meksiko.
Selain digunakan sebagai penyedap makanan, jinten putih juga digunakan sebagai obat dan sudah cukup lama juga digunakan sebagai obat tradisonal. Banyak studi yang menunjukkan bahwa manfaat jinten putih bagi kesehatan, di antaranya:
1. Mengatasi gangguan pencernaan
Jinten putih cukup umum digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi gangguan pencernaan, seperti diare, sakit perut, dan perut kembung. Rempah ini juga (jinten putih) dapat meningkatkan aktivitas enzim pencernaan dengan merangsang empedu mencerna lemak dan nutrisi tertentu.
Ada satu studi menunjukkan bahwa jinten putih meringankan gejala sindrom iritasi usus besar (IBS). Sebanyak 57 % dengan IBS diminta mengonsumsi minyak jinten putih selama 2 sampai 4 minggu. Hasilnya menunjukkan bahwa gejala sakit perut, perut kembung, sembelit, atau diare menjadi lebih ringan setelah mengkuti perawatan tersebut.
2. Mengontrol kadar gula darah
Beberapa studi juga menunjukkan bahwa penggunaan suplemen jinten putih dapat membantu menurunkan gula darah dan kadar hbA1c dalam darah. Kemudian, jinten putih juga memiliki potensi untuk mengobati penyakit diabetes. Penyakit diabetes sangatlah berbahaya karena penyakit ini dapat merusak sel-sel sehat yang ada di dalam tubuh kita dengan AGEs, AGEs yaitu senyawa yang menyebabkan peradangan.
Senyawa ( AGEs) tersebut dibuat ketika gula yang mengalir dalam darah dan menempel pada protein yang bisa mengganggu kerja dari protein. Nah, jinten putih dipercaya mengandung komponen yang bisa menghambat produksi AGEs. Tapi sayangnya, masih belum banyak yang meneliti tentang manfaat dari jinten putih ini lebih lanjut.
3. Sumber zat besi dan kaya antioksidan
Meski bentuknya yang kecil seperti biji padi, namun jinten putih ini memiliki banyak nutrisi. Satu sendok teh biji jinten putih yang masih utuh dapat mengandung:
·         8 kilokalori
·         0,37 g protein
·         0,47 g lemak
·         0, 92 karbohidrat
·         1,4 mg zat besi
Sehingga anda dapat memenuhi 17,5% kebutuhan zat besi setiap hari dengan 1 sendok teh jintan putih. Asupan zat besi yang terpenuhi dapat mendukung pertumbuhan anak dan jga untuk kesehatan wanita hamil.
Selain itu, jinten putih juga memiliki beberapa antiokdsidan seperti terpen, fenol, flavonoid, apegenin, luteolin, dan alkaloid. Yang dapat mengurangi kerusakan tubuh akibat radikal bebas, mencegah penuaan dini dan penyakit kanker.
4. Bersifat antibakteri dan antiperadangan
Bahan aktif dalam biji jinten putih memiliki efek antiradang. Sehingga jika dikonsumsi, rasa sakit akibat peradangan akan berkurang. Kemudian, komponen yang disebut megalomicin juga memiliki sifat antibiotik sehingga berpotensi mengurangi resistensi obat dari bakteri tertentu dan dapat membunuh bakteri yang menyerang sistem imun.
5. Menurunkan kolesterol dan berat badan
Hipolipidemik adalah zat yang membantu tubuh untuk mengontrol kadar lemak tinggi yang dapat merusak jantung dan meningkatkan kadar kolesterol. Jinten putih juga dianggap memiliki sifat hipolipidemik. Studi menunjukkan penggunaan suplemen jinten dengan yogurt sebanyak 2 kali sehari selama sebulan, membantu mengurangi kadar trigliserida.
Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi jinten ini setiap hari selama tiga bulan dapat mengurangi berat badan, ukuran pinggang, dan lemak tubuh yang tidak diinginkan. Nah, bagi anda yang mau mengurangi berat badan atau pengen diet maka jinten ini sangat cocok untuk konsumsi.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat dari jinten putih !!! Gimana apakah anda tertarik dengan jintennya ? yaa mungkin di coba dulu lah jintennya, biar anda bisa merasakan manfaatnya bagi tubuh anda !!! karena anda tidak hanya akan menerima kelezatannya namun anda juga akan mendapatkan manfaat yang begitu besar ! sehingga yang akan membuat siapa saja penasaran dan tertarik untuk mencobanya.
Dan jika kalian sedang berlibur kelombok atau sedang melihat keindahan dari lombok tersebut mungkin anda ingin membawakan buah tangan / oleh oleh untuk orang terdekat anda. Bisa anda datang di toko Bola Mas, disini disediakan untuk anda yaitu berbagai camilan dan minuman khas NTB sebagai oleh oleh anda untuk keluarga dirumah atau orang-orang terdekat anda.
Dan jika anda tertarik dengan camilan dari jinten putih ini anda bisa cari di toko kami yaitu di Bola Mas. Gimana kalau anda coba dulu ? biar anda tahu rasanya kayak gimana sih !!!
Jika anda pengen merasakan kelezatan dan manfaatnya ini, anda bisa mampir di toko kami atau bisa hubungi kami; oke !!!
Jl. TGH. Lopan No. 30 Dasan Cermen-Mataram, Lombok / samping Sasaku
Hp; 087763274881

Selamat mencoba

Terimakasih telah mengujungi blog saya, saya akan terus mengupdate konten yang terbaru dan menarik untuk anda....!!!!!!!!




Komentar