Kopi Lombok, Kopi Hitam !!!


Ketika mendengar kata “kopi Lombok”, yang terlintas di pikiran kita mungkin adalah kopi hitam, kopi yang rasanya pahit. Namun, kopi lombok bukan hanya sekedar kopi hitam, tentu saja ada banyak keunikan yang ditawarkan dalam kopi ini, termasuk rasa dan aromanya. Lombok sendiri memiliki masyarakat yang memang dikenal sangat akrab dengan kopi. Berbeda dengan masyarakat di wilayah lain yang mana kopi merupakan minuman selingan yang hanya dinikmati 2 hingga 3 kali dalam seminggu, namun masyarakat  Lombok berbeda, kalau minum kopi sudah menjadi kebiasaan sehari harinya. Tentunya, Lombok juga memiliki kopi khas yang membuat banyak masyarakat dari luar Lombok tertarik untuk mencobanya.
Kebanyakan masyarakat Lombok memang hidup dari minum kopi. Bukan hanya sebagai penikmat kopi, mereka juga banyak yang berprofesi sebagai petani kopi. Bagi mereka yang memiliki lahan luas, mereka biasanya memilih menanam tanaman kopi. Memang tanaman kopi sangat tumbuh subur di Lombok. Misalnya masyarakat di wilayah Prabe di Lombok Barat, disitu adalah tempat petani kopi terbesar di Lombok. Sehingga sebagian besar penduduk dari Lombok adalah petani kopi. Itulah kenapa kopi Lombok Prabe menjadi sangat popular di kalangan pecinta kopi nusantara. Ketika bertamu ke rumah penduduk di Lombok, jangan kaget bila kita akan dijamu dengan minuman kopi, entah itu pagi, siang, sore, ataupun malam. Jadi, kopi memang sangat melekat pada masyarakat Lombok.
Seperti yang kita ketahui, kopi Lombok merupakan kopi hitam. Ketika mendengar kata “kopi hitam”, tentu saja yang kita pikirkan adalah kopi yang sangat pahit dengan rasa yang menggigit. Memang kopi yang berasal dari daerah Lombok juga memiliki rasa yang pahit. Tetapi, berbeda dengan kopi hitam dari daerah lain yang rasanya berat, kopi dari Lombok ini terasa lebih ringan. Jadi, jangan takut untuk mencobanya, meskipun kalian bukan pecinta kopi. Selain itu, perpaduan manis & pahitnya juga sangat pas dilidah, apalagi kalau masih murni belum dicampur apa-apa. Ditambah lagi, tidak terlihat ampas kopi yang mengapung sehingga rasanya lebih top, dan setelah kita minum kopi Lombok ini kayak nya ada yang melintas gitu di pikiran kita dan semua yang kita pikirkan menghilang entah kemana yang di barengi dengan yang melintas itu tadi. sehingga pikiran kita akan terasa ringan. Kenapa saya tahu, karena kalau kopi lombok saya minum setiap hari, saya kan dari Lombok masa gak pernah minum kopi sendiri, rugi dong saya jadinya .
Kenapa kopi khas Lombok sangat nikmat? Ini tak lepas dari proses pembuatannya. Biasanya, kopi yang dipanen di Lombok pada bulan Mei, merupakan waktu terbaik untuk memanen kopi tersebut. Setelah dipanen, kopi disortir berdasarkan warna buahnya. Setelah itu, buahnya dicuci hingga benar-benar bersih baru kemudian direndam dalam air bersih, dan untuk kopi yang mengapung akan segera dibuang karena biji dari kopi tersebut rusak. Lalu, dimasukkanlah kopi yang bagus-bagus tersebut ke dalam mesin pengupas kulit ari sebelum akhirnya dijemur di bawah sinar matahari langsung. Kopi akan dijemur dalam waktu sekitar 3 kali/hari bila cuaca panas. Namun bila cuaca tidak panas, maka memerlukan waktu lebih lama.
Setelah biji kopi tersebut benar-benar kering, bijinya dimasukkan ke dalam mesin pengupas kulit blender baru kemudian disortir lagi. Sehingga hanya biji kopi dengan kualitas terbaik yang disangrai & digiling hingga menjadi kopi bubuk. Memang dalam pembuatan kopinya ini membutuhkan proses yang cukup lama. Namun, rasa dari kopi lombok ini tidak akan mengecewakan dan tidak bisa bohong. Terbukti kopi Lombok merupakan salah satu kopi paling nikmat di nusantara. Dulu, awalnya masyarakat Lombok hanya menjual kopi di pasar-pasar. Namun, akhirnya mereka memproduksi sendiri sehingga ini juga berdampak baik pada perekonomian masyarakat Lombok. Yang pasti, mereka akan terus memproduksi kopi-kopi mereka sehingga kita bisa terus menikmati enaknya kopi dari Lombok ini.
Gimana apakah anda tertarik dengan kopi Lombok ini ? yaa mungkin di coba dulu lah kopinya, biar tahu gitu rasanya kayak gimana sih !!! kenikmatan dari kopinya ini luar biasa lho ! sehingga yang akan membuat siapa saja penasaran dan tertarik untuk mencobanya.
Dan jika kalian sedang berlibur kelombok atau sedang merasakan keindahan dari lombok tersebut mungkin anda ingin membawakan buah tangan / oleh oleh untuk orang terdekat anda. Bisa anda datang di toko Bola Mas, disini disediakan untuk anda yaitu berbagai camilan dan minuman khas NTB sebagai oleh oleh anda untuk keluarga dirumah atau orang-orang terdekat anda.
Dan jika anda tertarik dengan kopinya anda bisa cari di toko kami yaitu di Bola Mas. Gimana kalau anda coba dulu ? biar anda tahu rasanya kayak gimana sih !!!
Jika anda pengen merasakan kenikmatannya ini, anda bisa mampir di toko kami atau bisa hubungi kami;
Jl. TGH. Lopan No. 30 Dasan Cermen-Mataram, Lombok / samping Sasaku
Hp; 087763274881

Selamat mencoba

Terimakasih telah mengujungi blog saya, saya akan terus mengupdate konten yang terbaru dan menarik untuk anda....!!!!!!!!


Komentar