Keajaiban Kacang Merah


Kacang merah ??? kalau di pikir-pikir, apa keunikan dari kacang merah itu yaa ? anda penasaran gak ? apa saja keunikan dari kacang merah tersebut. untuk itu mari saya ulas dengan sedemikian bagusnya agar anda tidak bosan dan juga agar anda tahu keajaiban dari kacang merah sehingga nantinya anda yang gak suka jadi suka dan suka menadi semakin suka dengan kacang merah ini.
Kacang merah merupakan bahan pangan yang cukup banyak, sehingga anda akan menemuinya. Bahkan saat ini, anda bisa menemukan kacang merah dalam jenis makanan dan minuman apa pun, mulai dari roti, es krim, puding, kue, jajanan dan es susu kacang merah. Kacang merah ini ternyata tidak hanya lezat, tetapi juga sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Mulai dari menurunkan berat badan/cocok bagi anda yang mau diet hingga bisa mencegah kanker, sehingga anda pun jadi punya lebih banyak alasan untuk makan kacang merah ini.  Berikut adalah 6 manfaat kacang merah bagi kesehatan kita.
1. Melancarkan pencernaan
Salah satu kandungan yang sangat tinggi dalam kacang merah adalah serat. Dalam setiap 100 gram, kacang merah menawarkan kira-kira 13 gram serat larut dan tak larut. Serat tak larut ampuh untuk mendorong makanan dalam usus sehingga saluran pencernaan Anda pun lebih lancar. Serat ini juga mampu membuang racun-racun yang tersisa dalam tubuh serta menjaga keasaman lambung anda. Hal ini bisa membantu Anda menghindari masalah pencernaan seperti sembelit dan diare. Sementara itu, serat larut akan larut bersama dengan air dan mengikatnya menjadi lebih kental seperti gel. Gel ini akan tinggal di lambung untuk waktu yang cukup lama. Sehingga perut anda tidak akan dibiarkan terlalu lama kosong. Risiko anda terserang penyakit maag pun jadi berkurang.
Selain itu, kacang merah juga mengandung pati, yaitu sejenis karbohidrat kompleks yang sifatnya mirip dengan serat larut. Di dalam usus besar anda, pati tersebut akan membantu perkembangan pada Bakteri baik, Karena Bakteri baik sangat dibutuhkan untuk melawan berbagai masalah pencernaan.
2. Menjaga kesehatan jantung
Kacang merah juga sebagai sumber protein yang bebas kolesterol dan rendah lemak. anda bisa mendapatkan protein kira-kira 20 gram dari setiap 100 gram kacang merah. angka ini mencukupi 40% dari kebutuhan protein setiap hari anda. Dengan mengkonsumsi kacang merah ini, anda juga bisa memenuhi kebutuhan protein tanpa harus takut kolesterol atau kadar lemak jenuh dalam tubuh. Sementara kalau anda mengonsumsi daging untuk memenuhi kebutuhan protein anda, mau tak mau anda harus menerima kadar lemak tinggi dan kolesterol pun meningkat. Sebagai tambahan, serat larut yang terkandung dalam kacang merah juga bertanggung jawab untuk menyeimbangkan kadar kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL).
Mengonsumsi kacang merah juga bisa mengendalikan tekanan darah. Kacang merah kaya akan mineral seperti folat, kalsium, magnesium, dan kalium yang mampu menekan kadar homosistein di dalam darah. Homosistein itu sendiri ialah salah satu zat pemicu penyakit jantung koroner. Selain itu, manfaat kacang merah bagi kesehatan jantung adalah bisa meringankan kerja pembuluh darah serta melancarkan peredaran darah ke jantung.  
3. Mengendalikan nafsu makan
Karena kacang merah kaya akan protein, serat larut, dan karbohidrat kompleks, makan kacang merah bisa membuat anda kenyang lebih lama. Dengan begitu, anda pun tidak akan mudah tergoda untuk mencari camilan atau makanan lain. Untuk anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan, maka manfaat dari kacang merah ini sangat anda butuhkan dan tentu sayang sekali bila dilewatkan.
4. Mencegah diabetes
Serat dalam kacang merah tersebut membantu menjaga agar glukosa tidak dilepaskan dalam darah terlalu cepat. Begitu juga dengan karbohidrat kompleks dalam kacang merah. Berbeda dengan karbohidrat sederhana yang bisa larut dengan mudah, karbohidrat kompleks tidak akan menghasilkan glukosa dalam darah secepat karbohidrat sederhana. Dengan begitu, kadar gula didalam darah anda tidak akan tiba-tiba menanjak sehingga memicu diabetes. Kacang merah juga berkhasiat untuk mencegah resistensi insulin yang berisiko memperparah kadar gula darah pengidap diabetes.  
5. Mencegah kanker
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard Medical School mengungkap bahwa pola makan yang tinggi serat bisa mencegah kanker, terutama terutama pada kanker payudara. Penelitian lain juga dilakuan di Prancis yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition membuktikan bahwa pola makan kaya serat mampu menurunkan risiko kanker prostat hingga nyaris 50%. Sementara itu, dalam setiap 100 gram kacang merah, anda bisa mendapatkan 52% kebutuhan serat dalam sehari. Apalagi anda rutin mengonsumsi kacang merah, maka anda akan di hindari dari risiko kanker.
6. Mencegah penuaan dini
Manfaat kacang merah tak hanya untuk mencegah penyakit, tetapi juga untuk menjaga keremajaan tubuh. Karena Kacang merah mengandung antioksidan yang tinggi, bahkan bisa melebihi antioksidan dalam sayuran dan buah-buahan tertentu. Bahkan di antara kacang lainnya seperti kacang kedelai atau kacang tanah, kacang merah ternyata menjadi juara dalam mencegah penuaan dini. Ini karena semakin gelap warnanya, semakin tinggi pula kandungan antioksidannya.  Antioksidan mampu menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan sel-sel tubuh. Karena hal-hal tersebut merupakan faktor pemicu penuaan dini.
Gimana keunikan dari kacang merah ini ? anda tertarik gak, untuk mencobanya ?  yaa mungkin di coba dulu lah kacangnya, biar anda merasakan keunikan dari kacang merah ini !!! karena anda tidak hanya diberi keunikannya tapi juga kelezatannya lho ! sehingga yang akan membuat siapa saja penasaran dan tertarik untuk mencobanya.
Dan jika kalian sedang berlibur kelombok atau sedang merasakan keindahan dari lombok tersebut mungkin anda ingin membawakan buah tangan / oleh oleh untuk orang terdekat anda. Bisa anda datang di toko Bola Mas, disini disediakan untuk anda yaitu berbagai camilan dan minuman khas NTB sebagai oleh oleh anda untuk keluarga dirumah atau orang-orang terdekat anda.
Dan jika anda tertarik dengan kacang merahnya anda bisa cari di toko kami yaitu di Bola Mas. Gimana kalau anda coba dulu ? biar anda tahu rasanya kayak gimana sih !!!
Jika anda pengen merasakan kelezatan dan manfaatnya ini, anda bisa mampir di toko kami atau bisa hubungi kami;
Jl. TGH. Lopan No. 30 Dasan Cermen-Mataram, Lombok / samping Sasaku
Hp; 087763274881

Selamat mencoba

Terimakasih telah mengujungi blog saya, saya akan terus mengupdate konten yang terbaru dan menarik untuk anda....!!!!!!!!




Komentar