5 Camilan Tradisional Khas Lombok

cerorot

Indonesia terkenal dengan berbagai pulau yang memiliki bermacam-macam objek wisata dan budaya yang mengagumkan. Selain itu, masing-masing wilayah juga memiliki jajanan tradisional bercita rasa khas. Mulai dari rasa manis, pedas, asam, asin hingga cenderung pahit. Semuanya dapat ditemukan di berbagai pulau se Indonesia, tinggal pilih saja sesuai selera.
Jajanan tradisional dengan cita rasa yang khas juga dapat ditemukan di Pulau Lombok. Berbeda dengan kulinernya yang cenderung pedas, jajanan khas Lombok justru memiliki cita rasa yang berbeda-beda. Ada yang gurih, manis, atau bahkan bermacam-macam. Untuk itu, kami dari Bola mas telah merangkum beberapa jenis jajanan khas Pulau Lombok khususnya buat anda yang ingin berwisata ke Pulau Lombok.
Kue Crorot
Crorot ( kue crorot) merupakan camilan yang memiliki rasa manis. Cara pembuatannya juga terbilang sederhana dan mudah. Kue ini terbuat dari adonan tepung terigu, gula aren dan bahan-bahan yang lainnya, yang dimasukkan ke daun kelapa yang telah dibentuk seperti terompet kecil. Kemudian adonan tersebut dikukus hingga matang selama sekitar 15-20 menit. Yang menambah khas dari kue crorot ini membedakan kue crorot khas Lombok dengan kue crorot daerah lain adalah terdapat pada tambahan bahan yang digunakan, yakni daging buah rotan.
Masyarakat Pulau Lombok biasa mencampurkan daging buah rotan ke dalam adonan kue crorot. Hal ini yang membuatnya terasa lebih nikmat dan khas. Disamping cita rasanya yang khas, cara memakan kue ini juga tergolong unik. Cara makannya dengan memencet bagian bawah atau ujung kue, sehingga isi kue terdorong ke luar. Sehingga dari sinilah nama crocot itu timbul.
Kue Bantal
Selama ini yang kita kengenal bantal adalah sebagai barang empuk yang tempat kepala pada saat tidur. Tapi bantal yang satu ini berbeda lho. Bantal merupakan salah satu nama jajanan tradisional Pulau Lombok yang terbuat dari ketan yang dicampur dengan parutan kelapa dan garam, kemudian di tengah-tengahnya diberikan isian berupa setengahnya dari buah pisang tersebut atau kalau tidak ada pisang, kue bantal ini juga bisa dicampur dengan kacang merah. Adonan dari kue bantal ini di bungkus dengan daun kelapa yang masih muda atau daun kelapa yang masih berwarna hijau muda dan diikat dengan tali atau bambu yang dipotong kecil-kecil.
Dodol Rumput Laut
Di Indonesia rumput laut terkenal sebagai salah satu bahan baku makanan yang dapat diolah menjadi berbagai macam jajanan, seperti dodol, manisan, kripik, dan lain sebagainya.
Di Lombok rumput laut diolah menjadi dodol yang manis dan lengket-lengket gimana gitu !. Cara pembuatnya cukup mudah yaitu dengan mencampurkan rumput laut yang telah dicuci, direndam dan diblender dengan beberapa bahan lainnya seperti gula, santan kelapa, air, tepung terigu dan lain-lain. Selanjutnya adonan dodol tersebut dimasukan ke atas tungku sampai benar-benar matang dan siap untuk disajikan. Dodol rumput laut ini diberi berbagai macam rasa agar bisa dipilih oleh konsumen mau rasa yang mana dan dikemas dalam wadah yang menarik.
Poteng Jaje Tujak
Poteng jaje tujak merupakan jajanan lebaran khas dari pulau Lombok, dahulu jajanan ini hanya disajikan pada tujuh hari setelah hari raya Idul fitri. Poteng jaje tujak dalam bahasa Indonesia berarti tape jajan tumbuk. Jajanan ini terdiri dari dua komposisi utama yakni poteng atau tape yang terbuat dari ketan, dan jaje tujak atau dalam bahasa jawa lebih dikenal dengan tetel. Menurut kepercayaan masyarakat Lombok yang terdahulu pembuat jajanan langka ini haruslah orang yang suci (terbebas dari hadas besar atau haid) dan dalam keadaan berwudhu.
Kue Karake
Karake merupakan camilan tradisional yang berasal dari Lombok Timur. Camilan ini terbuat dari ketan, gula, air dan di campur dengan bahan lainnya, setelah pembuatannya selesai kemudian dikukus. Tampilan luar dari camilan ini sedikit mirip dengan lepet yaitu camilan khas jawa yang terbuat dari ketan putih dan dibungkus dengan daun kelapa. Namun bedanya dari Kue karake yaitu dibungkus dengan kulit jagung, sehingga aromanya menggiurkan hidung kita dan rasa yang dihasilkannya juga sangat khas. anda bisa menikmatinya saat anda berwisata ke Lombok.

Itulah tadi beberapa jajanan/camilan tradisional khas yang berasal dari Pulau Lombok. Sebagian mungkin memiliki kemiripan dengan jajanan/camilan dari daerah lain. Namun masing-masing jajanan/camilan khas Lombok tersebut memiliki karakter-karakter seperti rasa, aroma, bahan, dan lainnya yang menjadikannya sangat khas dari jajanan/camilan tersebut. Bagi Anda yang berwisata ke Pulau Lombok ada baiknya untuk mencoba mencicipi jajanan ini. Tak perlu susah-susah untuk membuatnya sendiri, karena jajanan ini sekarang telah banyak di jual di toko oleh-oleh khas Lombok.

Selamat mencoba

Terimakasih telah mengujungi blog saya, saya akan terus mengupdate konten yang terbaru dan menarik untuk anda....!!!!!!!!



Komentar