5 Kota Dengan Camilan Terlezat Untuk Lebaran

Dodol dan Manisan
Untuk traveler yang mengagendakan wisata kuliner di urutan pertama saat traveling, jangan lewatkan datang ke 5 kota berikut ini yang terkenal dengan camilan enaknya. Cocok untuk camilan saat Lebaran nanti!
Selain terkenal dengan tempat wisatanya yang menarik, beberapa daerah ramai dikunjungi wisatawan karena memiliki kuliner yang khas dan lezat. Sebut saja Lombok dengan Dodol rumput lautnya, Palembang dengan pempeknya, Padang dengan sate padangnya, dan Yogyakarta dengan Gudegnya.
Biasanya, para traveler khususnya pecinta wisata kuliner, tidak akan melewatkan singgah di kota yang terkenal dengan camilan khasnya. Nah, jika Anda salah satu pecinta wisata jenis ini, sempatkanlah mampir ke 5 kota berikut ini. Inilah 5 kota yang terkenal dengan camilan enak, dan cocok untuk hidangan Lebaran nanti:
1. Yogyakarta
Kota pertama yang ramai dikunjungi traveler pecinta wisata kuliner adalah Yogyakarta. Selain gudeg, kota ini cukup terkenal karena camilannya yang khas dan lezat, yaitu bakpia dan gorengan belalang.
Jika kebetulan sedang traveling ke kota ini, Anda bisa datang ke kawasan Malioboro. Di sana ada banyak toko yang menjual aneka merk dan jenis bakpia. Jalan sedikit ke Pasar Pathuk, Anda bisa melihat pabrik pembuatan kue ini.
Nah, ada satu lagi camilan khas Yogyakarta yang sedang digandrungi banyak orang, yaitu gorengan belalang. Traveler pun rela jauh-jauh datang langsung ke Kabupaten Gunung Kidul yang menjadi sentra camilan ini. Di sana, Anda bisa menemukan banyak warung yang menjual gorengan belalang nan renyah. Beli dan bawa pulang oleh-oleh khas ini, jangan lupa sajikan untuk camilan Lebaran nanti, ya!
2. Semarang
Traveling ke ibukota Jawa Tengah, tak lengkap tanpa membeli wingko, camilan khas Semarang. Panganan yang satu ini berbahan dasar kelapa dengan aneka rasa. Wingko biasanya dijual per satu tas ukuran kecil. Tiap tas berisi 10 kantung kecil yang masing-masing diisi dengan 1 buah wingko. Untuk bisa membelinya, Traveler bisa mengunjungi sentra oleh-oleh di Kota Semarang.
Simpang Lima di Semarang juga bisa menjadi lokasi pas untuk berburu Wingko. Ini adalah kawasan belanja dan pusat oleh-oleh di Semarang. Anda bisa memuaskan hasrat belanja dan memborong camilan, tentu salah satunya Wingko.
3. Mataram
Tak mau kalah dengan Yogya, Mataram juga punya camilan khas yang diburu setiap traveler yang datang, yaitu manisan rumput laut dan Dodol rumput laut. Camilan lezat ini bisa Anda temukan di seluruh pelosok Pulau Lombok, khususnya Mataram. Ada banyak toko yang menjajakan manisan dan dodol ini dalam kemasan besar dan kecil, atau anda bisa mampir aja di toko Bola Mas Jl. TGH Lopan No. 30 Dasan Cermen-Mataram, Lombok (samping Sasaku).
Manisan rumput laut khas Lombok ini dibuat mirip seperti permen. Rasanya pun beraneka macam, ada rasa nanas, stoberi, melon dan masih banyak lagi. Semua rasa digabung dalam satu kemasan. Anda pun bisa mencicipi seluruh rasa. Saat ini, manisan rumput laut menjadi primadona di kalangan turis, rasa manisnya yang pas dan kelembutannya begitu terasa saat meluncur ke tenggorokan. begitu juga dengan dodol yang kemasannya sama dengan manisan, namun tempat perbedaannya ialah rasanya yang kenyan-kenyal kayak gimana gitu dengan dibarengi aroma dodol yang begitu khas sesuai dengan aroma dari berbagai varian rasanya tersebut.
Jika berkesempatan liburan di Lombok sebelum Lebaran, jangan lewatkan untuk membeli camilan ini. Pas sekali untuk hidangan Hari Raya, anak-anak pasti suka!
4. Padang
Suka makanan pedas? Berarti Anda tidak boleh melewatkan camilan khas Sumatera Barat yang satu ini, keripik balado. Rasanya yang pedas dan manis digemari hampir semua orang.
Selain keripik balado, camilan lain khas Padang yang cocok dijadikan camilan saat Lebaran adalah dakak-dakak. Ini adalah camilan yang terbuat dari singkong dan berwarna kuning. Anda pun bisa melihat makanan ini hampir tidak absen di meja penduduk Minangkabau.
Tidaklah sulit untuk menemukan toko yang menjual kedua camilan khas ini. Hampir semua toko makanan di Kota Padang menyajikan camilan ini, seperti toko yang ada di Pasar Raya Kota Padang dan kawasan Pecinaan.
5. Palembang

Selain Padang, masih ada kota lain di Sumatera yang memiliki camilan khas dan cocok untuk dijadikan panganan saat Lebaran, yaitu Palembang. Kota di Sumatera Selatan ini memiliki kerupuk ikan yang sudah terkenal. 

Rasanya ikan yang begitu terasa di kerupuk membuat orang tak bisa berhenti mengunyahnya. Bahkan, tak sedikit traveler yang sengaja datang ke Palembang hanya untuk membeli kerupuk ini langsung dari daerahnya.
Sama seperti keripik balado di Padang, kerupuk Palembang juga dijual di banyak tempat di Palembang. Ada yang menjualnya di toko oleh-oleh, ada pula yang menjualnya dalam mobil. Kalau ingin yang lebih lengkap Anda bisa datang ke pasar yang ada di Kota Palembang, seperti Pasar 16 Ilir Pasar Kuto dan Pasar Plaju. Jadi, jangan sampai melewatkan belanja kerupuk Palembang ya saat traveling ke Sumatera Selatan.
Gimana Anda tertarik nggak? dengan camilan-camilan dari berbagai kota-kota diatas untuk nemanin lebaran anda kali ini. Anda tidak hanya akan di hidangkan oleh camilan-camilan tadi, namun Anda juga akan menikmati keindahan-keindahan pariwisatanya dari kota-kota tersebut, apalagi Pulau Lombok yang memilki banyak sekali destinasi wisata yang begitu indah dan mungkin  Anda tidak bisa menghabiskannya dalam satu bulan saking banyaknya.
Kalau saya boleh sarankan? kalau lagi lebaran gini terus  ingin kumpul bersama keluarga dan ingin senang-senang dengan keluarga serta untuk menghilangkan sejenak pekerjaan yang melelahkan itu, maka carilah tempat wisata yang berbau pantai!
Dan jika anda tertarik dan ingin merasakan lezatnya Manisan dan Dodol rumput laut ini, anda bisa datang  atau bisa pesan di toko kami yaitu di Bola Mas. Anda bisa mampir di toko kami atau bisa hubungi kami;
Jl. TGH. Lopan No. 30 Dasan Cermen-Mataram, Lombok / samping Sasaku
Hp; 087763274881

Selamat mencoba

Terimakasih telah mengujungi blog saya, saya akan terus mengupdate konten yang terbaru dan menarik untuk anda....!!!!!!!!





Komentar