Manfaat Jahe Gajah Bagi Kesehatan Tubuh

Tanaman Jahe adalah salah satu jenis tanaman yang termasuk dalam suku Zingiberaceae. Nama “Zingiber” yang berasal dari bahasa Sanskerta “singabera” (Rosengarten 1973) & Yunani “Zingiberi” (Purseglove et al. 1981) yang berarti tanduk, kenapa dinamakan begitu? karena bentuk rimpang jahe yang mirip dengan tanduk rusa.
Jahe Gajah
Namun pada kesempatan kali ini saya akan lebih spesifik untuk membahas tentang jahe gajah, Kenapa dinamakan demikian?
Jahe gajah, dinamakan demikian karena bentuk rimpang jahe ini yang besar dari pada jenis jahe lainnya. Daging jahe gajah  berwarna kuning hingga putih.
Meski namanya demikian, jahe gajah ini merupakan varian jahe yang tidak kalah banyak peminatnya oleh masyarakat baik dalam negeri maupun luar negeri.
Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis varian jahe yang keberadaannya sangat digemari oleh masyarakat, dan semuanya bermanfaat bagi kesehatan, baik kecantikan bumbu masakan bahkan tidak sedikit orang yang memanfaatkannya untuk dijadikan sebagai wedang jahe, dan bagi anda yang ingin serbat dari bahan jahe gajah anda bisa datang di toko kami, siap?
Jika dibandingkan dengan jenis jahe pada umumnya Jahe gajah atau disebut juga  jahe badak ini, memiliki bentuk fisik yang cenderung  lebih besar daripada  jenis jahe lainnya. Pada ruas jahe gajah cenderung kembung dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Karena itu jahe ini diberi nama jahe gajah.
Bagian rimpang jahe gajah berwarna kuning serta memiliki serat halus dan lembut. Kebanyakan orang memanfaatkan jahe gajah sebagai minuman herbal dan obat tradisional, salah satunya yaitu serbat.
Untuk manfaat dari jahe gajah bagi kesehatan tubuh. Berikut ini merupakan 10 manfaat jahe gajah selain menghangatkan tubuh:
1. Membantu menurunkan berat badan
Salah satu manfaat jahe adalah berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah menjadi panas tubuh. Di lain sisi jahe ini hanya menyumbang sedikit kalori sehingga tidak mempunyai peran besar untuk dapat menaikkan berat badan.
2. Membantu menjaga kondisi jantung
Jika dalam tubuh terdapat banyak kandungan kolesterol dan minyak yang merupakan susunan dari lemak nabati dan hewani dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.
Peran jahe di sini adalah sebagai penurun kadar triglyceride dan kolesterol yang berlebih dalam tubuh.
3. Membantu mengatasi mabuk perjalanan
Dengan minum secangkir jahe sebelum bepergian jauh dengan menaiki kendaraan jahe dapat membantu mencegah mabuk perjalanan karena sifat jahe sebagai anti-mual.
4. Membantu mengatasi gangguan pencernaan
Gangguan kesehatan yang menyerang sistem pencernaan seperti kram dan rasa nyeri yang timbul menjelang haid dapat diminamiliz dengan mengkonsumsi air jahe secara rutin.
5. Membantu mengatasi morning sickness
Di saat Ibu hamil terkadang mengalami mual-mual pagi atau nama  populernya morning sickness karena pencernaan sedikit terganggu.
Untuk mengurangi rasa mual yang terjadi pada ibu hamil tersebut Anda bisa mengkonsumsi wedang jahe yang hangat setiap kali merasakan mual ketika bangun tidur di pagi hari.
6. Mengkonsumsi secara rutin dapat mencegah kanker usus
Salah satu universitas di Amerika Serikat (AS) mengemukakan bahwa rutin konsumsi makanan atau minuman yang berbahan dasar jahe dapat mencegah penyakit kanker kolorektal (usus besar).
7. Membantu meringankan sakit kepala
Seharian bekerja kadang merasa penat dan dapat memicu stres berlebih yang dapat berisiko terserang penyakit lain.
Maka dari itu coba sepulang dari bekerja untuk duduk santai di taman sambil menikmati hangatnya secangkir jahe ini dapat membantu otak jadi lebih fresh dan tubuh terasa nyaman.
8. Dapat mengobati alergi
Salah satu manfaat jahe sebagai anti-alergi, sebab di dalam jahe terdapat kandungan senyawa yang efektif dapat mengurangi rasa gatal akibat alergi sekaligus dapat mengobatinya.
9. Membantu mengobati penyakit rematik
Caranya dengan membakar jahe di atas api panas atau bara setelah agak kecoklatan, tumbuk sampai halus, terakhir Anda aplikasikan pada bagian tubuh yang terkena rematik.
10. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Jahe dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dengan cara meningkatkan sistem dalam tubuh yang sering disebut imun atau imunitas.
Jika antibodi (imun) dalam tubuh kita kuat, maka bakteri yang mungkin menyerang tubuh dapat di tangkal.
Itulah tadi beberapa pembahasan tentang manfaat jahe gajah bagi kesehatan tubuh, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua dan semoga kita selalu terhindar dari segala penyakit, Amin.
Dan jika kalian sedang berlibur kelombok atau sedang merasakan keindahan dari lombok tersebut mungkin anda ingin membawakan buah tangan / oleh oleh untuk orang terdekat anda. Bisa anda datang di toko Bola Mas, disini disediakan untuk anda yaitu berbagai camilan dan minuman khas NTB sebagai oleh oleh anda untuk keluarga dirumah atau orang-orang terdekat anda.
Dan jika anda tertarik dan ingin merasakan manfaat dari serbat yang salah satu bahannya adalah jahe gajah ini  anda bisa cari di toko kami yaitu di Bola Mas. Anda bisa mampir di toko kami atau bisa hubungi kami;
Jl. TGH. Lopan No. 30 Dasan Cermen-Mataram, Lombok / samping Sasaku
Hp; 087763274881

Mampir  yuk,,,,

Terimakasih telah mengujungi blog saya, saya akan terus mengupdate konten yang terbaru dan menarik untuk anda....!!!!!!!!





Komentar