Lagi Puasa...??? ini makanan & minuman-nya

Kurma
Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat dinanti-nantikan bagi Para Umat Muslim di Dunia. Ini karena, bulan ramadhan merupakan bulan dimana Umat Muslim memaksimalkan amalan ibadahnya. Salah satu ibadah yang utama di Bulan Ramadhan ini adalah Ibadah Puasa. Dalam berpuasa, orang-orang akan berusaha menahan hawa nafsu, menahan rasa lapar dan haus dari makanan dan minuman serta menjalankan ibadah-ibadah lainnya.
Dalam berpuasa tentu kita mengenal yang namanya makan sahur dan berbuka puasa. Pada kedua waktu ini, kita harus cermat memilih makanan dan minuman apa yang sebaiknya dikonsumsi agar kita dapat tahan berpuasa tanpa adanya gangguan kesehatan.
Inilah beberapa makanan dan minuman yang baik pada saat berbuka dam makan sahur, sehingga puasa kita selalu lancar.
Makanan dan minuman saat sahur
Makanan yang cocok dikonsumsi adalah makanan yang dapat memenuhi kebutuhan energi untuk aktivitas siang harinya, serta sifatnya tidak membuat cepat lapar atau bertahan lama dan kesehatan tetap terjaga. Minuman yang cocok dikonsumsi adalah minuman yang mengandung mineral dan tidak membuat cepat dehidrasi serta tidak memiliki dampak terhadap kesehatan
Makanan dan minuman saat berbuka
Makanan yang dikonsumsi saat berbuka adalah makanan yang dapat mengembalikan energi, dapat menjaga daya tahan tubuh, serta yang utama adalah porsi yang cukup dan tidak berlebihan. Karena ketika kita makan berlebihan, karena hal tersebut akan membuat kita kekenyangan dan menjadi ngantuk lebih cepat.
Akibatnya kita akan langsung tidur, meninggalkan tarwih dan kemudian terbangun tengah malam jauh sebelum sahur. Dan akibat hal tersebut, akan membuat tidur kita tidak maksimal. Sehingga pada siang hari tubuh terasa tidak fit atau cepat kelelahan.
Sedangkan minuman yang dikonsumsi pada saat buka puasa yaitu dapat berupa minuman yang manis (jangan terlalu manis) agar mengembalikan energi yang hilang. Tapi jangan sampai kita minum dalam porsi yang berlebihan, karena dapat membuat perut kembung dan kita akan merasa langsung kenyang (akibat terlalu banyak minum) tanpa perlu makan lagi. Padahal tubuh juga memerlukan makan dalam porsi yang cukup agar mengembalikan energi serta kebutuhan gizi lain terpenuhi dan daya tahan tubuh tetap terjaga. 
Untuk Jenis makanan dan minuman yang baik untuk puasa, inilah beberapa rangkumannya:
1. Nasi, Ubi dan kentang
Ini adalah penghasil karbohidrat utama. Fungsinya adalah untuk memenuhi kebutuhan energi kita baik sebelum atau sesudah puasa. Namun perlu diingatkan bahwa, mengkonsumsi karbohidrat sebaiknya dalam porsi yang sewajarnya saja. Dan kombinasikan dengan sayur-sayuran dan sumber protein, agar kesehatan anda tetap terjaga.
2. Pasta, nasi merah dan produk gandum
Makanan yang satu ini juga merupakan sumber karbohidrat yang diperlukan oleh tubuh. Tetapi kelebihannya adalah dapat menahan rasa lapar lebih lama dibanding sumber karbohidrat pada poin yang sebelumnya. Namun mayoritas penduduk Indonesia adalah kebannyakan mengkonsumsi nasi putih dan merasa kurang enak denganmengkonsumsi pasta, nasi merah dan produk gandum lainnya.
3. Daging sapi, ikan, putih telur dan ayam
Makanan ini merupakan sumber  protein utama dari hewani. Protein diperlukan sebagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan energi selain karbohidrat. Selain itu, mengkonsumsi protein dapat menahan rasa lapar lebih lama dibandingkan dengan hanya mengkonsumsi karbohidrat saja.  ikan memiliki kandunga Omega 3 yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Nah, untuk ikan sendiri, jika anda ingin mencari makanan dari bahan utamanya ikan cari saja ditempat kami yaitu di Bola Mas.
4. Kacang-kacangan
Kacang panjang, kacang tanah, kedelai, kacang hijau, buncis dan lain sebagainya merupakan salah satu sumber protein yang berasal dari nabati. Protein ini sangat cocok pada orang yang memiliki pola makan kuat, dan sumber protein ini bisa juaga untuk menghindari lemak dan kolesterol.
Namun kembali lagi dengan faktor kebiasaan, banyak orang lebih menyukai sumber protein hewani dibanding nabati.

5. Sayur-sayuran
Sayur-sayuran kaya akan mineral, zat besi serta antioksidan yang dapat berfungsi menjaga keseimbangan fungsi enzim dan juga sebagai sumber serat. Serat mempunyai fungsi menjaga sistem pencernaan agar tetap lancar.
6. Buah-buahan
Buah-buahan (hampir segala jenis buah-buahan) merupakan sumber dari segala jenis vitamin. Vitamin berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit selama puasa. Selain itu, pada buah-buahan juga terdapat serat yang juga memperlancar dan menjaga sistem pencernaan. Orang yang kekurangan serat dapat mengalami konstipasi (susah buang air besar) dan menyebabkan perut terasa kembung dan sangat mengganggu proses puasa anda. Selain itu, buah-buahan juga memiliki kandungan air yang berfungsi memenuhi kebutuhan cairan tubuh. 
7. Kurma
Kurma sebenarnya termasuk dalam jenis buah-buahan. Namun kelebihan dari buah ini adalah kandungan glukosa dan fruktosa-nya yang cukup untuk memenuhi kebutuhan energi. Selain itu, kurma juga mengandung nilai gizi lain, seperti vitamin, dan yang lainnya. Mengkonsumsi kurma sesaat setelah buka puasa dapat mengembalikan energi tanpa harus mengalami kekenyangan. Sehingga orang-orang dapat langsung melanjutkan ibadah segera setelah berbuka.
8. Air mineral (air putih)
Air mineral merupakan minuman terbaik untuk memenuhi kebutuhan cairan saat berpuasa. Kandungan mineral air berfungsi menjaga kerja tubuh serta menjaga tubuh terhadap dehidrasi. Air mineral menjadi pilihan utama dikarenakan beberapa minuman yang memiliki rasa mempunyai efek diuretik (sering buang air kecil) akibatnya tubuh kita mudah terserang dehidrasi atau dapat mengganggu kesehatan kita.
9. Madu
Madu dapat dicampurkan pada air mineral saat minum. Madu memiliki kandungan gizi yang tinggi sebagai sumber energi serta sebagai sumber antioksidan untuk tetap menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa.
Itulah tadi beberapa jenis makanan dan minuman yang baik untuk anda bagi umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa, sehingga puasa anda mungkin akan lebih lancar dan lebih menyenangkan apabila anda mengkonsumsi makanan dan minuman pada artikel .di atas tadi.
Jika anda bingung mau cari kemana makanan dan minuman tersebut cari lah ditempat kami yaitu di Bola Mas, karena disini kami telah menyediakan beberapa makanan dan minuman dari artikel di atas. Cari disini yaa...???
Jl. TGH. Lopan No. 30 Dasan Cermen-Mataram, Lombok / samping Sasaku
Hp; 087763274881

Selamat mencoba

Terimakasih telah mengujungi blog saya, saya akan terus mengupdate konten yang terbaru dan menarik untuk anda....!!!!!!!!





Komentar