Jinten Putih Bagi Kesehatan, nyesel deh kalok dak di intip !!!

Jinten Putih
Siapa disini yang suka makan opor dan kari? Nah, salah satu bumbu masak yang harus ada pada saat membuat dua makanan ini adalah jinten putih. Jinten putih merupakan rempah-rempah yang terbuat dari biji tanaman Cuminum cyminum (cumin). Jangan salah, yaa ? jinten putih dengan jinten hitam itu berbeda lho. Oleh karena itu, manfaatnya pun juga berbeda bagi kesehatan tubuh.
Untuk pertemuan kali, mohon maaf yaa? karena saya hanya akan membahas tentang manfaat jinten putih saja bagi kesehatan tubuh? kalau untuk jinten hitam besok lain kali yaa,,,, saya bahas manfaatnya?
Jinten putih dijual dalam bentuk biji kering, bubuk halus atau bisa juga dalam bentuk camilan. Rasanya yang sangat khas membuat siapa saja pengen mencobanya, jinten putih ini terasa pedas dan panas seperti cabai tapi sedikit pahit, dan aromanya seperti tanah, kayak gimana yaa,,, rasanya?. Rempah ini cukup populer karena sering digunakan pada masakan khas Asia, India, Afrika, dan Meksiko.
Selain digunakan sebagai penyedap makanan, jinten putih juga digunakan sebagai obat dan sudah cukup lama juga digunakan sebagai obat tradisonal. Banyak studi yang menunjukkan bahwa manfaat jinten putih bagi kesehatan, di antaranya sebagai berikut:
1. Mengatasi gangguan pencernaan
Jinten putih cukup umum digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi gangguan pencernaan, seperti diare, sakit perut, dan perut kembung. Rempah ini juga (jinten putih) dapat meningkatkan aktivitas enzim pencernaan dengan merangsang empedu mencerna lemak dan nutrisi tertentu.
2. Mengontrol kadar gula darah
Beberapa studi juga menunjukkan bahwa penggunaan suplemen jinten putih dapat membantu menurunkan gula darah dan kadar hbA1c dalam darah. Kemudian, jinten putih juga memiliki potensi untuk mengobati penyakit diabetes. Penyakit diabetes sangatlah berbahaya karena penyakit ini dapat merusak sel-sel sehat yang ada di dalam tubuh kita.
3. Sumber zat besi dan kaya antioksidan
Meski bentuknya yang kecil seperti biji padi, namun jinten putih ini memiliki banyak nutrisi. Satu sendok teh biji jinten putih yang masih utuh dapat mengandung:
·         8 kilokalori
·         0,37 g protein
·         0,47 g lemak
·         0, 92 karbohidrat
·         1,4 mg zat besi
Sehingga anda dapat memenuhi 17,5% kebutuhan zat besi setiap hari dengan 1 sendok teh jintan putih. Asupan zat besi yang terpenuhi dapat mendukung pertumbuhan anak dan juga untuk kesehatan wanita hamil.
Selain itu, jinten putih juga memiliki beberapa antiokdsidan yang dapat mengurangi kerusakan tubuh akibat radikal bebas, mencegah penuaan dini dan penyakit kanker.
4. Bersifat antibakteri dan antiperadangan
Bahan aktif dalam biji jinten putih memiliki efek antiradang. Sehingga jika dikonsumsi, rasa sakit akibat peradangan akan berkurang. Kemudian, komponennya juga memiliki sifat antibiotik yang bisa berpotensi mengurangi resistensi obat dari bakteri tertentu dan dapat membunuh bakteri yang menyerang sistem imun.
5. Menurunkan kolesterol dan berat badan
Hipolipidemik adalah zat yang membantu tubuh untuk mengontrol kadar lemak tinggi yang dapat merusak jantung dan meningkatkan kadar kolesterol. Jinten putih juga dianggap memiliki sifat hipolipidemik. Studi menunjukkan penggunaan suplemen jinten dengan yogurt sebanyak 2 kali sehari selama sebulan, membantu mengurangi kadar trigliserida.
Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi jinten ini setiap hari selama tiga bulan dapat mengurangi berat badan, ukuran pinggang, dan lemak tubuh yang tidak diinginkan bisa tersingkirkan. Nah, bagi anda yang mau mengurangi berat badan atau pengen diet maka jinten ini sangat cocok untuk konsumsi.
Nah, gimana menurut anda tentang jinten putih ini, bisa berguna gak buat anda? bisa lah yaa? karena manfaatnya sangat lah berguna bagi tubuh kita sehingga anda tidak lagi akan mudah diserang penyakit seperti diabetes, sakit perut dan jika anda pengen menurunkan berat badan anda, anda bisa gunakan jinten putih ini untuk menurunkan berat badan anda.
Oke, Cuma itu yang dapat saya informasikan tentang jinten putih untuk anda, tapi semoga bisa berguna untuk anda yaa?
Dan jika kalian sedang berlibur kelombok atau sedang merasakan keindahan dari lombok tersebut mungkin anda ingin membawakan buah tangan / oleh oleh untuk orang terdekat anda. Bisa anda datang di toko Bola Mas, disini disediakan untuk anda yaitu berbagai camilan dan minuman khas NTB sebagai oleh oleh anda untuk keluarga dirumah atau orang-orang terdekat anda.
Dan jika anda tertarik dan ingin merasakan manfaat serta kelezatan dari jinten putih ini dalam bentuk dodol, anda bisa cari di toko kami yaitu di Bola Mas. Anda bisa mampir di toko kami atau bisa hubungi kami;
Jl. TGH. Lopan No. 30 Dasan Cermen-Mataram, Lombok (samping Sasaku)
Hp; 087763274881

Mampir  Yuk,,,?

Terimakasih telah mengujungi blog saya, saya akan terus mengupdate konten yang terbaru dan menarik untuk anda....!!!!!!!!




Komentar