Belum Tahu Kan Kandungan Melinjo? Ayo Intip!

Melinjo
Di Indonesia sendiri apabila mendengar kata Melinjo, Belinjo, Tangkil atau Muling, mungkin kita langsung berpikir tentang Sayur Asem dan Emping atau salah satu camilan dari Melinjo yaitu kue Melinjo dari LombokNamun Indonesia yang berhubungan dengan Melinjo memang paling populer adalah Sayur Asem-nya.
Melinjo atau dalam bahasa Sunda disebut Tangkil adalah suatu spesies tanaman berbiji tertutup, berbentuk pohon yang berasal dari Asia tropik, melanesia, dan Pasifik Barat.
Untuk penamaannya dari Melinjo ini dikenal pula dengan nama belinjomlinjo (bahasa Jawa), tangkil (bahasa Sunda) atau bago (bahasa Melayu dan Tagalog), Khalet (Bahasa Kamboja), muling (Aceh)peesae(Pattani Malay), dae (Kwara'ae), phakmiang (Thailand) dan bét, rau bép, rau danh atau gắm (Vietnam).

Melinjo biasanya banyak ditanam di pekarangan sebagai peneduh atau pembatas pekarangan dan terutama dimanfaatkan buah dan daunnya. Berbeda dengan anggota Gnetum lainnya yang biasanya merupakan liana, melinjo berbentuk pohon.

Melinjo jarang dibudidayakan secara intensif. Kayunya dapat dipakai sebagai bahan papan dan alat rumah tangga sederhana. Daun mudanya bisa digunakan sebagai bahan sayuran (misalnya pada sayur asem). Bunga (jantan maupun betina) dan bijinya yang masih kecil-kecil maupun yang sudah masak dijadikan juga sebagai sayuran. Biji melinjo dapat kita gunakan menjadi bahan baku kue khas Lombok atau emping dan yang lainnya.
Kandungan Nutrisi
Penelitian yang sudah dilakukan pada melinjo menujukkan bahwa melinjo menghasilkan senyawa antioksidan.Aktivitas antioksidan ini diperoleh dari konsentrasi protein tinggi, 9-10 persen dalam tiap biji melinjo. Protein utamanya berukuran 30 kilo Dalton yang amat efektif untuk menghabisi radikal bebas yang menjadi penyebab berbagai macam penyakit.

Selain itu melinjo juga merupakan antimikroba alami. Itu artinya protein melinjo juga bisa dipakai sebagai pengawet alami makanan sekaligus obat baru untuk penyakit yang disebabkan oleh bakteri.
Inilah kandungan-kandungan yang terdapat pada buah Melinjo, silahkan di tengok yaa?
Kandungan Gizi buah Melinjo/belinjo 100 gr
Jumlah per Porsi
Kalori 47
dari Lemak 0.90

% Nilai harian*
Total Lemak 0.10 g
0.2 %
  Lemak Jenuh 0.000 g
0.0 %
Kolesterol 0 mg
0.0 %
Sodium 0 mg
0.0 %
Total Karbohidrat 11.80 g
3.9 %
  Diet Serat 2.4 g
9.6 %
Protein 0.90 g
1.8 %
  Vitamin C
88.3 %
  Vitamin B1 Thiamin
6.0 %
  Vitamin B2 Riboflavin
2.4 %
  Vitamin B3 Niasin
1.5 %
  Vitamin B5 Asam Pantotenat acid
2.5 %
  Vitamin B6
3.0 %
  Kalsium
4.0 %
  Besi
0.6 %
  Kalium
5.2 %
  Fosfor
1.4 %
  Magnesium
2.5 %
  Seng
0.7 %
  Tembaga
2.5 %
  Mangan
1.5 %
  C Sistein
1.9 %
  F Fenilalanin
3.5 %
  I Isoleusin
1.8 %
  K Lisin
2.2 %
  L Leusin
0.8 %
  M Metionin
3.8 %
  T Treonin
1.4 %
  Tirosin
1.8 %
  V Valin
2.2 %
  W Triptofan
3.2 %
Nilai Persen harian berdasarkan diet 2.000 kalori. Nilai harian Anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada kebutuhan kalori Anda.
Jumlah total lemak
Kurang dari 65g
Lemak jenuh
Kurang dari 20g
Kolesterol
Kurang dari 300mg
Sodium
Kurang dari 2,400mg
Jumlah Karbohidrat
300g
Diet Serat
25g



Itulah tadi beberapa kandungan-kandungan yang terdapat pada biji Melinjo, yang  dapat berguna bagi tubuh kita atau ungkin bisa menyehatkan tubuh kita. Nah gimana menurut anda tentang Melinjo, maka sekarang jangan sekali-kali anda meremehkan Melinjo yaa?
Dan jika kalian sedang berlibur kelombok atau sedang merasakan keindahan dari lombok tersebut mungkin anda ingin membawakan buah tangan / oleh oleh untuk orang terdekat anda. Bisa anda datang di toko Bola Mas, disini disediakan untuk anda yaitu berbagai camilan dan minuman khas NTB sebagai oleh oleh anda untuk keluarga dirumah atau orang-orang terdekat anda.
Dan jika anda tertarik atau pengen merasakan kelezatan dan manfaat dari kandungan Melinjo ini, untuk camilan Kue Melinjo khas Lomboknya anda bisa cari di toko kami yaitu di Bola Mas. Di coba dulu yaa? Anda bisa mampir di toko kami atau bisa hubungi kami;
Jl. TGH. Lopan No. 30 Dasan Cermen-Mataram, Lombok / samping Sasaku
Hp; 087763274881

Selamat mencoba

Terimakasih telah mengujungi blog saya, saya akan terus mengupdate konten yang terbaru dan menarik untuk anda....!!!!!!!!





Komentar