Apa Saja Manfaat Gula Aren?

Di Indonesia sendiri siapa sih yang tidak kenal dengan gula aren? Pastinya semua sudah tahu dan sekaligus juga pernah menikmatinya, rasanya yang manis dan legit itu membuatnya banyak disukai oleh masyarakat. Namun, bila ditanya manfaatnya bagi kesehatan pastilah kebanyakan dari kita belum tentu mengetahuinya.
Nah, agar kita tidak hanya sekedar menjadi penikmat rasa manis dari gula aren ini, ada baiknya kita juga mengetahui manfaatnya. Apakah manfaatnya semanis rasanya juga? Yuk kita cari tahu!
Gula Aren
Gula aren sendiri berasal dari nira pohon enau yang diolah dengan cara tradisional dan dicetak dengan batok kelapa. Warnanya mirip seperti gula jawa atau gula merah, namun lebih gelap atau pekat. Aromanya pun lebih khas dan kuat dibandingkan dengan gula merah.
Selain digunakan sebagai bahan dasar makanan atau minuman serta juga digunakan bahan sebagai minuman herbal atau serbat,  gula aren juga menyimpan banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Salah satunya, sebagai penambah energi saat mengalami kelelahan. Entah itu karena sakit atau sedang melakukan perjalanan panjang ataupun bagi anda yang sedang menjalankan ibadah puasa. Gula aren juga memiliki kalori yang jauh lebih rendah dibandingkan gula pasir yang lebih sering kita konsumsi dalam kehidupan sehari-hari.
Meski tidak termasuk superfood, namun jangan pernah menganggapnya sebelah mata ya. Mengapa? Karena gula aren bukan sekedar pemanis biasa. Pemanis alami ini juga memiliki sejumlah nutrisi yang sangat penting bagi tubuh, seperti vitamin C, vitamin B, magnesium, potasium, fosfor, seng, besi, tembaga dan fitonutrien seperti polifenol, flavonoid dan antosianin.
Ya meski nutrisi-nutrisi ini akan lebih banyak kita dapatkan dari buah atau sayuran, namun gula aren ini lebih baik jika dibandingkan dengan kandungan gula pasir yang hanya sekedar kalori kosong.
Selengkapnya, inilah beberapa manfaat dari gula aren:
1. Kaya akan Mineral
Karena tidak melalui proses pemurnian layaknya gula pasir, gula aren menawarkan beberapa mineral penting yang tentunya berguna bagi kesehatan tubuh. Seperti zat besi yang sangat dibutuhkan oleh penderita anemia karena mampu meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Magnesium yang berperan dalam mengatur rangsangan sistem saraf pusat dan merelaksasikan otot.
Satu lagi yang mungkin tidak kita duga, ternyata si manis nan legit ini juga memiliki kandungan antioksidan yang mampu membantu sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.
2. Bagus untuk Sistem Pencernaan
Mungkin menurut anda! manfaat gula aren yang satu ini agak sedikit aneh dan terdengar asing ditelinga. Namun siapa sangka, bahwa didalam gula aren ini terkandung niacin yang membantu sistem pencernaan dan berperan penting untuk mengubah makanan menjadi energi. Tentunya hal ini sangat lah berdampak positif bagi tubuh agar terhindar dari  gangguan pencernaan.
3. Penambah Energi
Kandungan kalori dari gula aren lebih rendah dan lebih bermanfaat dibandingkan kalori gula pasir atau gula putih yang hanya sekedar 'kalori kosong'. Ya meskipun tidak cukup banyak, kalori dalam gula aren cukup bisa diandalkan sebagai alternatif untuk menambah energi di kala badan terasa lelah.
Bagi Anda yang  sedang bekerja di lapangan,  berencana melakukan perjalanan panjang dan bagi umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa, tak ada salahnya untuk membekali diri dengan gula aren. Rasa-rasanya akan nikmat sekali apabila gula aren dijadikan sebagai serbat (minuman panas) yang menyehatkan  atau minuman dingin  yang menyegarkan. Ehm, pilih yang mana?
4. Membantu Membersihkan Sistem Organ Tubuh
Sebenarnya kita tak perlu repot-repot untuk mengikuti program detoksifikasi yang beberapa tahun belakangan ini sedang jadi tren. Mengapa? karena tubuh kita sudah mampu membersihkan dirinya sendiri dari racun-racun atau zat-zat yang dianggap berbahaya. Meski begitu, kita juga bisa membantu meringankan kerja organ tubuh dengan mengonsumsi beberapa makanan yang dapat membantu tubuh melakukan detoksifikasi. Salah satunya dengan gula aren.
Gula aren memiliki kemampuan dalam membersihkan sistem organ tubuh, seperti usus, esofagus (kerongkongan), paru-paru dan lambung. Konsumsinya secara cukup dan teratur juga dipercaya dapat membantu tubuh agar selalu fit dan bugar.
5. Meredakan Sembelit
Sering mengalami sembelit? Coba atasi dengan mengonsumsi gula aren. Kabarnya gula aren mengandung serat makanan yang dapat membantu mengobati sembelit dan gangguan pencernaan lainnya. Serat ini bekerja dengan cara membersihkan sistem pencernaan dari partikel-partikel yang tidak diinginkan serta merangsang pergerakan usus.
Ya meskipun manfaat gula aren ini bisa dibilang belum setara dengan buah atau sayuran segar, namun cukup membantu bukan.
6. Meredakan Batuk dan Asma
Tahukah Anda, ternyata sudah sejak lama nenek moyang kita memanfaatkan gula aren sebagai obat dari beberapa penyakit umum, ya salah satunya seperti batuk. Gula aren memiliki khasiat untuk mengobati batuk kering juga batuk berdahak, karena mampu membersihkan saluran pernafasan dan mengencerkan lendir.
Selain itu, gula merah juga memiliki sifat anti alergi yang berguna bagi penderita gangguan pernapasan seperti asma agar dapat diatasi dan tidak mudah kambuh. Untuk Anda penderita asma, sebaiknya mengganti gula Anda dengan pemanis yang satu ini (Gula Aren).
7. Meringankan Migrain
Migrain atau sakit kepala sebelah menjadi salah satu jenis sakit kepala yang amat menyakitkan. Eits! tapi tunggu dulu, jangan asal mengambil obat sakit kepala untuk meredakan migrain Anda. Coba dulu dengan bahan yang alami seperti gula aren ini.
Kandungan obat alami dari gula aren dapat membantu mengurangi rasa sakit ketika migrain menyerang. Ambil saja 1-2 sendok teh gula aren, bisa dimakan langsung atau dijadikan minuman, tergantung selera. Beberapa saat kemudian, coba rasakan efeknya terhadap migrain Anda.
8. Membantu Menurunkan Berat Badan
Satu lagi fakta mengejutkan dari manfaat gula aren. Mungkin sebagian besar dari kita belum banyak yang tahu, bahwa gula aren memiliki kandungan potasium yang dapat membantu menurunkan berat badan (cocok ni buat Anda yang mau menjalankan program diet) dan mengatasi perut kembung akibat retensi air. Selain itu, mineral ini juga terbukti dapat melembabkan kulit dan menyeimbangkan pH dalam tubuh.
9. Meredakan Nyeri Haid
Nyeri saat haid menjadi salah satu masalah bulanan yang sering kali dialami oleh wanita. Rasa nyeri ini juga yang menjadi salah satu biang keladi dari perubahan mood wanita yang tak jarang menjadi temperamen ketika datang bulan atau PMS. Nah, agar rasa nyeri ini cepat reda, cobalah buat ramuan dari gula aren dan kunir. Kombinasi keduanya terbukti ampuh mengatasi masalah ini.
Setelah mengetahui beragam manfaatnya, apakah Anda tertarik untuk beralih ke gula aren sebagai pemanis alami sehari-hari? Tapi ingat ya, konsumsilah sewajarnya jangan berlebihan.
Dan jika kalian sedang berlibur kelombok atau sedang merasakan keindahan dari lombok tersebut mungkin anda ingin membawakan buah tangan / oleh oleh untuk orang terdekat anda. Bisa anda datang di toko Bola Mas, disini disediakan untuk anda yaitu berbagai camilan dan minuman khas NTB sebagai oleh oleh anda untuk keluarga dirumah atau orang-orang terdekat anda.
Dan jika anda tertarik dan ingin merasakan manfaatnya dari serbat dari bahan gula aren anda bisa cari di toko kami yaitu di Bola Mas. Anda bisa mampir di toko kami atau bisa hubungi kami;
Jl. TGH. Lopan No. 30 Dasan Cermen-Mataram, Lombok / samping Sasaku
Hp; 087763274881

Selamat mencoba

Terimakasih telah mengujungi blog saya, saya akan terus mengupdate konten yang terbaru dan menarik untuk anda....!!!!!!!!




Komentar