OLEH OLEH KHAS LOMBOK (Dodol) !

Dodol

Apakah anda suka jalan-jalan? Kalau  iya, pas anda mau pulang dari destinasi wisata tersebut, oleh-oleh apa sih yang biasa anda bawa pulang? Apakah, Kaos? Pernak-pernik? Gantungan kunci? Kain? Syal? Kue kering? Minuman? Atau malah cuma bawa barang yang dibawa dari rumah, tas yang berdebu, dan ratusan foto-foto di kamera?
Nah, apa pun itu, sudah jadi sifatnya manusia yang tidak mau kehilangan momen. Sehingga mereka suka untuk mengingat mereka akan suatu hal. Apalagi pengalaman jalan-jalan di suatu tempat yang berbau wisata. Sehingga pengalaman jalan-jalan ditempat tersebut, Jangan sampai terlewatkan begitu saja. Seperti foto, video, dan mungkin tulisan, serta salah satu penanda seseorang pernah berkunjung ke suatu tempat adalah oleh-oleh khas daerahnya.
Oleh oleh merupakan benda wajib yang harus di bawa pulang untuk jadi kenangan. Membawa oleh-oleh adalah cara untuk berbagi kebahagiaan dengan orang terdekat. Karena tidak semua orang beruntung bisa mendapatkan kesempatan jalan-jalan. Jadi, dengan sekadar membawakan gantungan kunci atau camilan khas suatu tempat wisata, setidaknya kebahagiaan jalan-jalan bisa menular pada dirinya.
Oke, Berhubung saya dari Lombok, saya akan menjelaskan sedikit mengenai tempat kelahiran saya. Lombok adalah salah satu destinasi wisata yang cukup terkenal di dalam negri maupun di luar negri, benar gak saya ? yaaa kalau salah mohon dimaklumin yaa ? dan kebetulan saya adalah penjual camilan khas Nusa Tenggara Barat (NTB). Nah, untuk anda yang berminat dengan camilan atau minuman khas NTB sebagai oleh-olehnya untuk orang terdekat anda, bisa mampir ditoko saya yaa ? saya menjual camilan seperti susu kuda liar, madu sumbawa, kopi khas Lombok, dodol rumput laut, keripik daun singkong, dan kawan-kawannya. Bisa anda hubungi toko atau anda mau datang langsung di tempat kami, dibawah ini; anda siaaap....???
            Hp;087763274881
            Jl. TGH. Lopan  No. 30 Dasan Cermen-Mataram, Lombok / samping Sasaku.

Oke kita kepembahasannya dulu yaa ? Pada artikel kali ini, saya mau berbagi informasi dengan anda mengenai oleh-oleh dari pulau kelahiran saya tersebut, yaitu Lombok. Namun, saya fokuskan pada satu oleh-oleh saja. Itu pun berupa camilan yang bisa disantap kapan pun. Apa itu? “Dodol Rumput Laut”.
Mengapa dodol rumput laut yang saya pilih dalam artikel ini ? nanti anda akan tahu sendiri jika anda membaca artikel ini sampai selesai !
Dodol rumput laut merupakan camilan yang kelezatannya tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata menurut saya, hehehe. dodol ini menggunakan bahan baku dasar rumput laut yang dicampur dengan jenis buah-buahan dan ditambah dengan gula pasir sebagai pemanis. Sementara buah-buahan digunakan sebagai aroma dan variasi rasa dari dodol.  Ada rasa tomat, nangka, semangka, sirsak, dan lainnya.
Sama seperti dodol pada umumnya yang bertekstur kenyal. Dodol rumput laut Lombok ini memiliki berbagai macam warna cerah seperti merah, hijau, dan kuning. Sementara Pulau Lombok memang merupakan salah satu wilayah pesisir pantai yang masyarakatnya banyak melakukan usaha budidaya rumput laut.
Karena suasana hati saya sedang bagus, saya akan kasih tahu kepada anda “cara membuat dodol rumput laut serta dengan komposisinya”. Anda siaap ? harus siaap lah, jangan lemes ? yaaa kalau anda gak mau repot beli aja !
Bahan-bahan untuk membuat dodol rumput laut :
·         Rumput laut
·         Gula pasir
·         Tepung ketan
·         Santan kelapa
·         Garam
·         Essence
·         Vanili
·         Tepung terigu
Cara Membuat Dodol Rumput Laut
1.      Langkah pertama dalam pembuatan dodol rumput laut adalah merendam rumput laut kering kedalam larutan kapur selama sehari semalam dengan pergantian air selama tiga kali. Larutan  kapur  ini berrfungsi untuk memucatkan dan membersihkan rumput laut.
2.      Selanjutnya rumput laut dihaluskan dengan menggunakan blender hingga terbentuk pasta rumput laut. Lalu dididihkan tepung ketan dengan santan di atas kompor. Tepung ketan ini berfungsi sebagai pengikat dan membentuk tekstur plastis. Setelah mendidih, masukkan pasta rumput laut pada adaonan tepug ketan tadi sambil diaduk hingga kalis (2 jam). Sambil diaduk, tambahkan gula, garam dan essence. Gula ini berfungsi sebagai bahan pemanis, sedangkan garam berfungsi penambah cita rasa dan essence berfungsi sebagai pemberi aroma dan rasa.
3.      Lalu dituangkan adonan yang telah matang tadi ke dalam nampam kecil yang dilapisi plastik. Setelah itu didinginkan selama 1 jam dan keringkan. Potong sesuai dengan selera dan dodol siap dihidangkan.
Oke, saya lanjut yaa kepembahasannya?  untuk kemasannya dibuat dengan begitu menarik sehingga anda pun akan berminat untuk membelinya, kemasan dodol tersebut dibuat secara apik dengan memberi wadah kotak kertas, toples dari plastik mika, kotak persegi, maupun keranjang bambu sehingga membawa kesan tradisional dan kesan modern. Harganya pun murah lho !
Secara medis, untuk pengobatannya rumput laut memiliki sejumlah khasiat untuk kesehatan tubuh di antaranya meningkatkan daya kerja jantung, menjaga ketahanan tubuh, sistem pencernaan, dan mencegah kanker.

Tertarik untuk mencicipi dodol rumput laut Lombok ? untuk dijadikan oleh-oleh kepada orang terdekat anda itu bisa diperoleh di toko-toko  di Kota Mataram, salah satunya yaitu Bola Mas (disana anda bisa menemukan camilan-camilan dan minuman khas Nusa Tenggara Barat, seperti susu kuda liar, dodol rumput laut, kopi khas Lombok, dan lainnya).


Jika anda pengen merasakan Dodol Rumput Laut nya ini, anda bisa mampir di toko kami atau bisa hubungi kami;
Jl. TGH. Lopan No. 30 Dasan Cermen-Mataram, Lombok / samping Sasaku
Hp; 087763274881

Selamat mencoba

Terimakasih telah mengujungi blog saya, saya akan terus mengupdate konten yang terbaru dan menarik untuk anda....!!!!!!!!

Komentar