Oleh-oleh Kacang Mete?


Pada artikel kali ini, saya mau berbagi informasi mengenai oleh-oleh dari pulau kelahiran saya tersebut, yaitu Lombok. Namun, saya fokuskan pada satu oleh-oleh saja. Itu pun berupa camilan yang bisa disantap kapan pun. Apa itu? “Kacang mete”.
Mengapa kacang mete yang saya angkat dalam artikel ini? Setidaknya ada lima alasan bagi kamu, para travelers, untuk membeli oleh-oleh khas Lombok ini.
1. Camilan ringan yang asyik
kacang mete bisa sebagai nemanin anda minum teh atau kopi saat kumpul bersama keluarga sepulang traveling. Ia juga bisa menemani anda yang sedang santai nonton film favorit, baca buku, atau cuma dengerin musik. Kacang mete ini juga bisa jadi ice breaker kalau momennya kaku. Anda bisa membuka obrolan tentang liburanmu dengan mengawalinya dari kacang mete. Suasana pun jadi ceria dan hangat kembali.

2. Kandungan gizinya tinggi
Siapa sangka kacang mete yang dihasilkan dari pohon jambu mete yang hidup di daerah cenderung tandus itu, memiliki khasiat yang banyak. Kacang mete juga kerap disebut-sebut sebagai makanan antidiabetes. Jika dikonsumsi secara teratur tiap hari, kacang mete bisa membantu mengurangi risiko serangan jantung, kardiovaskular, dan stroke, selain itu baik untuk saraf, kacang mete juga bisa mencegah penyakit kanker,meningkatkan fungsi otak, juga meningkatkan kapasitas antioksidan. Gimana menurut anda, apakah anda berminat?
Nah, kalau ada camilan sehat seperti kacang mete, kenapa pilih camilan yang lain? Ya, enggak? Ibarat pepatah mengatakan, sekali  dayung, dua tiga pulau terlampaui. Sekali mengunyah kacang mete, krenyesnya dapat, gizinya pun dapat dan sehatnya pun dapat.
3. Praktis & Tahan lama
Mengapa kacang mete Lombok jadi pilihan yang tepat untuk oleh-oleh anda? Karena ia tahan lama, bisa tahan sampai berminggu-minggu lho. Jadi, kalaupun anda beli hari ini dan butuh seminggu atau dua minggu untuk sampai di rumah (karena keliling ke beberapa tempat dulu), kacang mete ini tentu saja tetap awet dan masih layak dikonsumsi. Tentu saja anda harus perlu memperhatikan tanggal kadaluarsanya.
Pengemasan produk kacang mete Lombok juga layak diacungi jempol lho. Kenapa? Kacang metenya dikemas dalam plastik yang kedap udara. Lalu dimasukkan ke dalam kotak karton persegi. Sehingga dua lapis perlindungan sudah cukup untuk membuatnya aman dibawa dalam perjalanan jauh.
4. Variannya beragam
Mempertimbangkan selera wisatawan yang beragam, terutama dalam hal rasa, maka kacang mete Lombok pun dibuat dalam berbagai varian. Ada kacang mete bumbu, kacang mete manis, kacang mete oven, kacang mete gurih, dan kacang mete madu. Silakan, anda pilih mau yang mana. Kalau boleh saya sarankan, beli aja semuanya karena selera tidak bisa dipaksakan.
5. Membantu perekonomian masyarakat
Nah, ini lebih keren lagi. Membeli oleh-oleh berupa kacang mete Lombok, bukan berarti anda hanya menikmati kacang mete-nya. Namun, anda juga telah ikut membantu kesejahteraan petani mete di Lombok.
Salah satu desa yang penghasil utama kacang mete adalah Desa Sambik Elen, Lombok Utara. Mayoritas warga yang tinggal di daerah tandus ini memang menjadi petani mete. Tiap tahun, mereka pasti menanti pohon jambu mete mereka untuk dipanen. Selain penyuplai kebutuhan para pengusaha oleh-oleh kacang mete di Lombok, hasil para petani ini juga diekspor ke luar daerah, bahkan ke luar negeri. Sebab, kualitas metenya memang paling bagus.
Menyenangkan, bukan? Anda tidak hanya girang membawakan oleh-oleh khas Lombok ini untuk keluarga, teman, dan orang-orang tersayangmu. Namun, anda juga telah berpartisipasi dalam membantu perekonomian para petani mete. Jalan-jalan anda pun menjadi lebih sempurna. Apalagi kalau anda memang berkesempatan untuk datang langsung ke desa penghasil kacang mete di Lombok yang tersebar di Lombok Timur, Lombok Tengah, Lombok Barat, juga Lombok Utara. Sudah siap terbang ke Lombok?
Nah, kalau anda tertarik untuk membeli oleh-oleh kacang mete Lombok ini! Cari aja di toko-toko penjual camilan di Lombok, atau biar anda tidak cape mencari toko-toko tersebut, anda bisa langsung lho mengunjungi kami di Jl. TGH. Lopan No. 30 Dasan Cermen-Mataram, samping sasaku, ataupun bisa hubungi kami lewat no hp ini; 087763274881. Oke???

Komentar