Kopi Sasak Liseng !!!

Kopi Sasak Liseng

Menurut anda tentang lombok ? pasti yang terlintas di pikiran anda tentang lombok pasti kopi nya yang pahit, wisatanya, cabe, dan yang lainnya. Pernah kah anda mencoba kopi Lombok, salah satunya ialah kopi sasak liseng, kopi sasak liseng ini adalah kopi tradisional khas Lombok Timur.
Apakah anda sudah tahu bahwa Lombok adalah salah satu wilayah di Indonesia dengan penghasil kopi terbanyak. Di Lombok Timur, ada satu kopi yang sangat popular yaitu kopi Sasak Liseng. Bagi para pecinta kopi, mungkin pernah mendengar kopi khas Lombok Timur ini. Namun, mungkin saja belum pernah mencobanya. Kopi ini bisa disebut salah satu kopi paling enak di seluruh Indonesia, wow. Mungkin namanya tak setenar kopi Aceh, kopi Malabar, dan kopi yang lainnya. Namun, rasa dan aromanya tak perlu diragukan lagi. Untuk lebih mengenal kopi sasak liseng ini, mari kita simak pembahasan-pembahasan di bawah ini.
Lombok merupakan salah satu pulau yang paling Indah di Indonesia, ya nggak ? Itulah kenapa Lombok lebih dikenal dengan destinasi wisatanya dibanding kulinernya. Padahal, kuliner Lombok banyak yang enak-enak dan kenikmatanya luar biasa. Namun, masih banyak juga kuiner Lombok yang terkenal, seperti kopi sasak liseng, pelecing kangkung, dan lain-lain.
Kopi khas Lombok Timur ini, sangat digemari oleh para pecinta kopi. Berbeda dengan kebanyakan kopi yang sudah diolah dengan peralatan modern, kopi ini masih menggunakan peralatan tradisional untuk pengolahannya. Prosesnya juga sangat sederhana. Itulah kenapa kopi tradisional Sasak Liseng memiliki rasa khas tradisional dan menguatkan nilai khas daerah Lombok Timur.
Meskipun kopi Sasak Liseng sangat popular di Lombok, bukan berarti kopi ini bisa kita jumpai di seluruh wilayah di Lombok. Untuk wilayah penghasil kopi ini, yang paling terkenal adalah desa Kerumut. Kerumut merupakan sebuah desa yang terletak di Lombok Timur, tepatnya di kecamatan Pringgabaya. Namun, selain di Kerumut, kopi khas Lombok Timur ini juga bisa anda temukan di wilayah lain di Lombok Timur, yang tidak terkenal atau di bagian Lombok lainnya salah satunya di tempat kami juga ada yaitu di Bola Mas.
Setiap wilayah di Indonesia memiliki kuliner khas masing-masing, bukan begitu ?. Ada yang berupa makanan, ada juga yang berupa minuman. Jika Yogyakarta terkenal dengan gudeg nya dan Wonosobo terkenal dengan carica nya, dan Lombok terkenal dengan kopi khas Sasak Liseng nya. Baru-baru ini, kuliner di Lombok semakin bervariasi hingga semakin popular ke mancanegara. Namun, kopi khas Lombok Timur ini tak pernah kehilangan tempat di hati para penikmat kuliner Lombok. Itulah kenapa kopi ini menjadi salah satu kuliner terbaik dan paling popular di Lombok. Bahkan, kopi ini menjadi hidangan wajib setiap ada yang berkunjung atau bertamu ke Lombok.
Bagi yang pernah bertamu ke Lombok, pasti pernah disuguhi kopi khas ini. Kopi ini disebut sebagai salah satu cara untuk menghormati tamu. Tak heran jika setiap rumah memiliki persediaan kopi khas Lombok Timur ini. Biasanya, sekitar 5 atau 7 menit setelah tamu datang, hidangan kopi khas ini wajib sudah keluar untuk dihidangkan kepada para tamu. Meskipun kopi ini sudah menjadi minuman sehari-hari penduduk di sana, namun kopi Sasak Liseng tetap terasa nikmat di lidah. Karena rasa dan aromanya begitu pas untuk siapa saja dan tidak akan pernah bikin anda bosan untuk meminumnya.
Proses Pembuatan Kopi Sasak Liseng
Tahukah kalian cara membuat kopi khas Lombok Timur ini ? Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kopi ini adalah kopi tradisional karena semua prosesnya masih menggunakan alat tradisional. Memang para pembuat ingin melestarikan khas pembuatan kopi ini. Dengan menjaga ketradisionalannya, rasanya pun juga lebih murni. Pertama, dalam pemilihan biji kopi, diambil biji kopi yang berkualitas premium langsung di pasar, yang harus dilakukan dengan teliti. Setelah mendapatkan biji kopi pilihan, lalu biji kopi itu digoreng seperti proses pembuatan kopi pada umumnya.
Karena menggunakan alat tradisional, penggorengan dilakukan dengan menggunakan wajan yang terbuat dari tanah liat yang disebut dengan “kekete”. Setelah selesai digoreng, kopi tersebut kemudian ditumbuk dengan liseng. Liseng adalah alat penumbuk kopi tradisional. Tumbuklah sampai benar-benar halus. Setelah itu, kemudian disaringlah tumbukan kopi tersebut dengan hati-hati. Terakhir, hasilnya dikemas menggunakan plastik. Kemasan plastiknya pun sangat sederhana. Justru proses tradisional inilah yang membuat kopi Sasak Liseng ini menjadi lebih menarik.
Jika kalian membeli kopi Sasak Liseng Lombok Timur, tentu harus tahu kapan waktu terbaik untuk meminumnya. Seperti kebanyakan orang, kopi ini juga sangat bagus bila diseduh saat pagi hari. Menyeduh kopi ini akan membuat kalian semakin segar dan semangat dalam memulai segala aktifitas hingga sore hari. Bahkan, kopi ini juga sangat cocok hanya untuk sekedar bersantai di akhir pekan. Namun, bukan berarti kopi ini tak cocok jika diminum selain pagi hari. Banyak penikmat kopi yang memilih untuk menyeduh kopi ini di malam hari. Kopi juga membuat inspirasi kita semakin terbuka dan berkembang. Jadi, kopi ini baik untuk siapa saja dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua.
Sama seperti kopi lainnya, kopi ini aman dikonsumsi. Rasanya yang nikmat semakin membuat banyak orang suka. Seperti kita tahu, kopi ini menjadi minuman sehari-hari para penduduk di Lombok. Hal ini menunjukkan kalau kopi khas Lombok Timur ini boleh dikonsumsi setiap hari. Namun, lebih baik hanya meminum kopi ini 1 hingga 2 gelas setiap harinya, karena meminum kopi terlalu banyak biasanya membuat kita susah tidur dikarenakan kandungan caffeine di dalamnya. Jadi, selama tidak berlebihan, kopi ini sah-sah saja untuk dinikmati setiap harinya.
Kopi ini sekarang sudah tersedia di toko-toko di Lombok Timur maupun di kota-kota besar seperti di mataram, praya, cakra, dan yang lainnya, dan yang tersebar di Indonesia. Harganya juga bermacam-macam. Misalnya, kopi Sasak Liseng kemasan dengan berat bersih 160 gram biasanya dibandrol sekitar 85 ribu. Meskipun tak selalu sama harganya antar wilayah dan pedagang, namun perbedaan haranya tidak akan terlalu tinggi. Dengan harga di atas serta mempertimbangkan kenikmatannya, harga yang ditawarkan bisa dibilang relative terjangkau. Jadi, kopi khas Lombok Timur ini cocok untuk semua kalangan dari anak sekolah, mahasiswa, hingga pekerja.
Nah, itulah tadi pembahasan mengenai kopi sasak liseng !!! Gimana apakah anda tertarik untuk menikmati kopi Lombok yang satu ini ? yaa mungkin di coba dulu lah kopinya yaaa? biar anda bisa merasakan kenikmatan dari kopi ini !!! Apakah anda penasaran dan tertarik untuk mencobanya. silahkan di coba yaaa ?
Dan jika kalian sedang berlibur kelombok atau sedang merasakan keindahan dari lombok tersebut mungkin anda ingin membawakan buah tangan / oleh oleh untuk orang terdekat anda. Bisa anda datang di toko Bola Mas, disini disediakan untuk anda yaitu berbagai camilan dan minuman khas NTB sebagai oleh oleh anda untuk keluarga dirumah atau orang-orang terdekat anda.
Dan jika anda tertarik dengan kopinya anda bisa cari di toko kami yaitu di Bola Mas. Gimana kalau anda coba dulu ? biar anda tahu rasanya kayak gimana sih !!!
Jika anda pengen merasakan kenikmatannya ini, anda bisa mampir di toko kami atau bisa hubungi kami;
Jl. TGH. Lopan No. 30 Dasan Cermen-Mataram, Lombok / samping Sasaku
Hp; 087763274881

Selamat mencoba

Terimakasih telah mengujungi blog saya, saya akan terus mengupdate konten yang terbaru dan menarik untuk anda....!!!!!!!!






Komentar