5 Fakta Menarik Tentang Pulau Lombok


Pulau Lombok, salah satu bagian dari kepulauan nusa tenggara barat, yang ini sekarang menjadi alternatif wisata populer di Indonesia. Berbagai jenis objek wisata di pulau ini siap memanjakan mata siapa saja yang melihatnya. Maka tidak heran jika jumlah wisatawan yang datang ke Pulau Lombok semakin meningkat setiap tahunnya. Tapi tahukah anda, ternyata masih banyak lho ! yang tidak tahu fakta-fakta menarik tentang pulau mungil dan eksotis ini. Sehingga banyak yang ragu untuk berkunjung ke Pulau Lombok sebagai destinasi wisata tujuannya. Nah, untuk itu saya disini, jangan khawatir karena saya punya rangkuman 5 Fakta Menarik Tentang Pulau Lombok yang tak diketahui banyak orang.
Sebagian orang menganggap Pulau Lombok ini wisatanya biasa saja, sehingga ia tidak mengunjunginya. Padahal faktanya terdapat banyak hal yang menarik tentang  pulau mungil ini. Apa saja fakta menarik tersebut? Berikut ini adalah beberapa fakta menarik mengenai Pulau Lombok.
Lombok berarti lurus
Banyak yang beranggapan bahwa kata Lombok berasal dari bahasa Jawa yang berarti cabai. Namun anggapan tersebut adalah sesuatu yang salah. Kata Lombok sebenarnya berasal dari bahasa sasak “lomboq” yang berarti lurus. Asal-usul nama lomboq, yaitu berasal dari para nenek moyang masyarakat Lombok yang menempuh perjalanan panjang saat menemukan pulau Lombok. Namun, seiring berjalannya waktu, kata Lomboq berganti menjadi kata Lombok. Dan pada akhirnya sekarang kata Lombok lebih populer dan dikenal oleh banyak orang dan mungkin sudah terkenal diseluruh dunia.
Asal-usul Suku Sasak Lombok
Suku Sasak dikenal sebagai penduduk asli Pulau Lombok. Namun terkait dengan asal-usul suku sasak Lombok itu sendiri masih menjadi perdebatan dikalangan para ilmuan. Sebagian ahli beranggapan bahwa Suku Sasak merupakan penduduk asli Pulau Lombok yang dinikahi oleh para imigran dari Pulau Jawa pada masa kerajaan Mataram Lama. Sedangkan sebagian yang lain beranggapan bahwa Suku Sasak berasal dari Suku Jawa kuno. Namun, asal-usul dari kata sasak berasal dari kata “sah” (pergi) dan “shaka” (leluhur), yang diartikan secara utuh menjadi “kembali ke tanah leluhur”. Terlepas dari berbagai polemik yang ada, semua sepakat bahwa Suku Sasak sudah menghuni daratan Lombok ratusan tahun lamanya.
Gunung berapi tertinggi ke dua di Indonesia
Gunung Rinjani adalah gunung berapi yang masih aktif dan merupakan gunung berapi tertinggi ke-dua di Indonesia dengan ketinggian sekitar 3.726 m dpl. Gunung ini terletak di tiga kabupaten yakni Kabupaten Lombok Timur, Lombok Tengah, dan Lombok Barat. Namanya pun begitu terkenal dikalangan para wisatawan dan para pendaki, karena Gunung Rinjani ini terdapat banyak spot pendakian yang indah. Selain itu, dari puncak Rinjani ini kita bisa melihat pemandangan hampir seluruh bagian Pulau Lombok dan mungkin juga anda bisa melihat pulau tetangga diatas sana. Indah sekali bukan? Maka tidak heran jika banyak wisatawan yang berkali-kali mengunjungi gunung ini saat berlibur ke Lombok. Karena pesona dari Gunung Rinjani tidak akan bisa membuat mata anda bosan.
Kawasan Bebas Kendaraan Bermotor
Di dunia internasional terdapat beberapa daerah yang terkenal dengan pelarangan penggunaan kendaraan bermotor. Salah satunya Teluk Saronic Yunani. Namun siapa sangka ternyata di negara Indonesia juga punya pulau yang bebas dari kendaraan bermotor, yakni di Gili Trawangan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Di sana tidak ada satupun kendaraan bermotor yang di gunakan.
Peraturan pelarangan penggunaan kendaraan bermotor didasarkan pada peraturan adat yang kemudian diadopsi oleh pemerintah setempat. Sehingga, semua penduduk harus jalan kaki atau menggunakan sepeda onthel untuk beraktifitas sehari-hari dan jika perjalanannya terlalu jauh, mereka bisa memanfaatkan kereta kuda yang dikenal dengan nama Cidomo. Keunikannya ini ternyata menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri. Di samping itu, banyak sekali kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Gili Trawangan. Sehingga tak heran jika jumlah wisatawan yang datang di pulau yang mungil ini kian meningkat.
Masakan bercita rasa pedas
Bagi anda yang pecinta kuliner pedas, Pulau Lombok adalah salah satu destinasi yang sangat cocok/tepat untuk memanjakan lidah anda. katanya, pulau ini memiliki makanan khas yang bercita rasa pedas. Diantaranya adalah ayam taliwang, beberok terong, plecing kangkung, sate bulayak, sate rembiga dan banyak lainnya. Cita rasa pedas dari masakan khas Pulau Lombok ini dipengaruhi oleh cabai asli Pulau Lombok yang memiliki pamor pedas yang benar-benar berasa banget atau menusuk deh panasnya. Oleh karena itu tak salah jika banyak yang mengatakan bahwa Pulau Lombok adalah gudangnya makanan pedas.

Demikianlah beberapa fakta menarik tentang Pulau Lombok yang akan membuat siapa saja penasaran dan tertarik untuk mengunjungi Pulau Lombok ini. Dan jika setelah kalian merasakan keindahan dari lombok tersebut mungkin anda ingin membawakan buah tangan / oleh oleh untuk orang terdekat anda. Bisa anda datang di toko Bola Mas, disini disediakan untuk anda yaitu berbagai camilan dan minuman khas NTB sebagai oleh oleh anda untuk keluarga dirumah atau orang-orang terdekat anda.
Dan jika anda tertarik dengan camilan ini anda bisa cari di toko kami yaitu di Bola Mas. Gimana kalau anda coba dulu ? biar anda tahu rasanya kayak gimana sih !!!
Jika anda pengen merasakan super uenaknya ini, anda bisa mampir di toko kami atau bisa hubungi kami;
Jl. TGH. Lopan No. 30 Dasan Cermen-Mataram, Lombok / samping Sasaku
Hp; 087763274881

Selamat mencoba

Terimakasih telah mengujungi blog saya, saya akan terus mengupdate konten yang terbaru dan menarik untuk anda....!!!!!!!!



Komentar