Manisan Ada Dimana Yaa...?


Anda setuju gak? jika sensasi rasa manis, pedas, dan kadang sedikit asam dari manisan itu sangat menggoda??? Apalagi manisan ini selalu cocok untuk disajikan dalam segala suasana, kegiatan dan acara. Terkadang sebagian orang, manisan itu menjadi salah satu menu wajib saat kumpul bersama keluarga, teman maupun pacar, dan saya sendiri paling suka dengan manisan mangga, karena rasanya seger banget loo,,, temen-temen!
Di Indonesia, ada berbagai jenis manisan yang mungkin banyak anda temui dan dengan aneka bahan utama. Buat anda yang mungkin sedang ingin makan manisan, berikut jenis manisan yang mudah dijumpai di sini. yaitu;
1. Manisan basah dengan gula encer
Jenis manisan ini paling sering kita jumpai di pasaran, dan sekaligus paling banyak diminati oleh banyak orang yaitu karena rasanya yang segar. Yang menjadi ciri khas dari manisan ini yaitu kuah manis pedas dari tambahan gilingan cabai merah.

2. Manisan dengan gula kental
Jika anda termasuk penggemar dari manisan buah ceremai, lobi-lobi dan pala, anda harus tahu nih caranya, siapa tahu suatu hari anda ingin membuatnya sendiri di rumah, yaa kan? Pertama-tama, cuci buah sampai benar-benar bersih, kupas, potong sesuai selera, lalu rendam dalam air garam selama beberapa saat. Jangan lupa peras buah dengan hati-hati untuk menghilangkan air garamnya. Setelah itu, rendam kembali buah dalam air kapur, lalu bilas dan peras lagi. Rendam buah tadi dalam larutan air gula selama dua hari dan masak hingga mengental. Proses pembuatannya memang cukup memakan waktu, tapi sepadan dengan rasanya yang manis dan legit di mulut.
3. Manisan kering dengan gula utuh
Manisan ini sedikit mirip dengan permen yupi, sehingga biasanya jadi favoritnya anak-anak, karena manisan ini diberi berbagai warna yang cantik dan menarik, teksturnya pun juga sedikit kenyal, yang dibuat dari buah mangga, sirsak, pala, atau kedondong yang dimasak bersama larutan gula. Lalu dikeringkan dan dicampur dengan gula pasir, dan akhirnya dikemas.
4. Manisan kering asin
Sesuai dengan namanya, manisan ini memang memiliki rasa yang cenderung asin. Itu semua karena manisan kering asin ini menggunakan garam dalam proses pembuatannya. Selain itu juga, manisan jenis ini menggunakan lebih banyak bahan tambahan seperti bumbu-bumbu, asam sitrat, dan kayu manis. Buah yang sering dipakai untuk membuat manisan ini adalah pepaya, jambu biji, mangga, belimbing, ceremai, jeruk, lobi-lobi, dan pala.

Dari keempat jenis manisan di atas, anda sudah pernah coba yang mana saja? Kalau saya sih penasaran sekali ingin mencoba manisan kering dengan gula utuh, tapi kalau anda apa yaa....???


 Terimakasih telah mengujungi blog saya, saya akan mengupload konten yang terbaru dan menarik hanya untuk anda!!!

Komentar