Kopi Khas Lombok

Pasti buat anda kopi sudah tidak asing lagi, ya kan? Dan juga bagi masyarakat dunia apalagi masyarakat pedesaan di Negara Indonesia. Kopi dengan nama latin coffea sehingga yang digunakan oleh masyarakat untuk menamainya agar lebih gaul.
Dari yang kebanyakan tanaman Coffea, hanya dua jenis tanaman kopi yang dengan mudah anda temui yaitu kopi jenis arabika dan kopi jenis robusta. Dua kopi ini memiliki ciri khas yang berbeda. Perbedaan yang sangat mencolok dari kedua jenis kopi ini adalah dari segi rasa, kalok kopi robusta memiliki rasa yang kuat dan tajam dibandingkan dengan kopi arabika dan kadar kafein dari kopi robusta lebih tinggi dari pada kopi arabika, sehingga kopi jenis robusta lebih pahit dari pada kopi arabika. Di Indonesia sendiri banyak sekali dijumpai dua jenis tanaman kopi ini. Seperti kopi Sumatra, kopi toraja, kopi Bali, kopi enrekang, kopi Lombok dan lain lain.
Daerah Lombok terletak di propinsi Nusa Tenggara Barat. Lombok tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya saja, tapi Lombok juga terkenal dengan kopinya yang sangat nikmat. Kopi sasak sangat diminati oleh hampir sebagian besar masyarakat Lombok dan sudah terkenal didunia karena kenikmatannya. Ada beberapa kopi Lombok diantaranya yaitu adalah kopi Sasak Liseng dan Kopi Lombok Prabe. Tetapi pada konten kali ini saya hanya akan membahas tentang kopi Sasak Liseng dan untuk kopi Lombok Prabe, besok ya? Sehingga terus kunjungi blog saya ya?
Kopi Sasak Liseng
Ketika seseorang berkunjung ke masyarakat pedesaan di Lombok, maka pasti anda akan disuguhi minuman kopi. Karena orang lombok menganggap tidak lengkap rasanya menjamu tamu atau sekedar duduk-duduk santai bagi warga masyarakat Lombok tanpa adanya kopi yang disuguhkan kepada tamu tersebut.
Salah satu jenis kopi yang paling sering dijumpai di Lombok adalah kopi Lombok Sasak Liseng. Kopi Lombok yang satu ini dibuat oleh masyarakat desa Kerumut, Lombok Timur, dan daerah lombok lainnya. . Tetapi sayangnya kopi Sasak Liseng ini masih belum begitu dikenal oleh masyarakat luas. Hal ini dikarenakan pada umumya mereka hanya membuat kopi untuk dikonsumsi sendiri.
Masyarakat Lombok dalam melakukan proses pembuatan kopi Sasak Liseng adalah dengan menggunakan alat-alat tradisional. Ada beberapa tahap dalam pembuatan kopi Lombok ini yaitu :
Pertama, para masyarakat lombok  memilih biji kopi yang berkualitas bagus. Dalam pemilihan bahan kopi ini, masyarakat lombok mengandalkan keahlian menentukan biji kopi. Mereka akan memilih biji kopi yang mereka anggap berkualitas bagus untuk dijadikan bahan dasar pembuatan kopinya tersebut. Kualitas biji kopi sangat berpengaruh dalam menentukan cita rasa dari kopi khas Lombok yang dibuat.
Jika anda ingin mendapatkan susu kuda liar sumbawa ini anda bisa datang langsung atau hubungi kami melalui :
Jl. Adi Sucipto No.41 Mataram
Hp. 087763274881

Terimakasih telah mengujungi blog saya, saya akan terus mengupdate konten yang terbaru dan menarik untuk anda. Byee.. Byee....!!!!!!!!

  

Komentar